Select Page


Planet CMYK – Mesin cetak banner digital printing sudah umum menggunakan jenis printer outdoor, yaitu yang menggunakan tinta solvent. Jenis printer ini memiliki ukuran lebar area cetak yang besar, standarnya adalah 3,2 meter.

Memang hampir semua jenis wide format printer ini bisa untuk print pada bahan flexi, yang biasanya untuk print banner. Namun yang lebih sesuai dan tepat adalah dengan menggunakan mesin digital printing outdoor ini. Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut:

Mesin Cetak Banner Dengan Printer Outdoor

Lebar area bahan flexi adalah 3,2 meter, bisa di potong menjadi ukuran yang diinginkan, tetapi menjadi dua kali kerja. Dan tidak semua penjual bahan flexi ini bisa memotong 1 roll bahan tersebut menjadi beberapa bagian. Hanya beberapa penjual besar saja yang dapat melakukan pemotongan bahan tersebut.

Dan panjang dari bahan tersebut saja mencapai 70 meter, tentu satu roll nya akan memiliki beban yang cukup berat. Itu sebabnya printer outdoor ini lebih sesuai sebagai mesin cetak banner, karena fisiknya lebih kokoh dan mampu menahan beban bahan flexi.

Alasan lainnya adalah karena lebar area cetaknya yang besar, lebar bahan flexi sudah sesuai dengan mesin printingnya tersebut. Jadi tidak perlu memotong bahan tersebut menjadi dua bagian, berbeda jika menggunakan printer indoor.

Bandingkan dengan mesin digital printing indoor yang lebar area cetaknya 1,6 meter, tentu harus memotong bahannya terlebih dahulu. Menjadi dua kali pekerjaan, sedangkan jarang ada yang menjual bahan tersebut dengan ukuran 1,6 meter.

Kemudian adalah dari sisi cost produksi, lebih murah jika menggunakan mesin digital printing outdoor, karena bisa dilihat dari harga jual tintanya. Satu galon tinta solvent 30 pl harganya sekitar 660 ribu, dan itu berisi 5 liter tinta.

Kalau menggunakan printer indoor dengan tinta ecosolvent, harga tintanya sendiri mencapai 350 ribu untuk satu liternya. Tentu selisih harga yang cukup jauh jika dibandingkan dengan harga tinta solvent.

Lainnya adalah dari kecepatan cetak mesin digital printing outdoor, dengan yang menggunakan printhead Konica 512i bisa mencapai 125 m2/jam. Sedangkan yang menggunakan printhead Konica 1024 bisa mencapai 280 m2/jam.

Artikel lainnya: Ukuran X Banner

Harga Mesin Cetak Banner Digital Printing

Harga mesin cetak banner dengan printer outdoor bervariasi, tergantung dari merk dan jenis printhead yang digunakan. Sebagai contoh, merk Xuli dengan printhead Konica 512i berada di angka 260 jutaan.

Jika menggunakan mesin digital printing indoor lebih murah untuk harga printernya, brand asal China sekitar 105 jutaan. Namun kalah dari segi cost produksi, kecepatan cetak, dan ukuran dibandingkan dengan printer outdoor.

Garansi dari mesin digital printing umumnya selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun ada yang tidak termasuk garansi. Yang tidak termasuk dalam garansi adalah bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead.

Demikian artikel mengenai mesin cetak banner digital printing, semoga dapat membantu dan menambah wawasan. Jika ada pertanyaan, bisa mengisi kolom komentar dibawah ini.

Pin It on Pinterest

Share This